Warna Warni

Seseorang pernah berkata padaku, “Berarti gue jadi orang yang menggoreskan luka di hati lo yah?”
Aku hanya tersenyum dan menggeleng.

Dulu aku memang pernah menjadi orang yang berpikiran sama seperti itu. Bagiku, dalam hidup ini pasti akan ada orang yang akan membuat hatiku terluka. Tapi seiring waktu yang berlalu, aku pun belajar dan mampu menerima bahwa orang-orang yang hadir dalam kehidupanku adalah orang-orang pilihan. Bukan tanpa tujuan mereka muncul di hadapanku. Aku percaya bahwa telah sejak lama Tuhan menuliskan nama setiap mereka dalam buku kehidupanku. Jadi saat dia berkata seperti itu, dengan yakin aku berkata, “Ga ada yang membuat hati gue terluka. Yang ada hanya orang-orang yang memberi warna dalam hari-hari gue.”

Bukan hanya rangkaian kata-kata indah yang terucap dari bibirku. Tapi memang itulah yang menjadi keyakinanku. Keyakinanku: bahwa hidup ini adalah tentang warna-warni. Masalah, persoalan, beban, peristiwa, kejadian… Juga orang-orang yang kita kenal atau hadir… Semuanya yang menggoreskan tinta warna dalam hidupku. Tak ada satu pun yang harus disesali. Yang perlu kulakukan hanyalah bersyukur atas kehadiran mereka. Bersyukur, karena merekalah buku kehidupanku menambah satu lagi koleksi warnanya.

Comments

Popular Posts