Nevers


Setelah berhura-hura dan berwisata rohana di Amsterdam dan Paris, sekarang saatnya wisata yang sesungguhnya.. hehehe..
Wisata rohani..
Meninggalkan kota teramat indah, Paris, aku dan rombongan menuju kota Nevers, masih di Perancis.
Lagi-lagi aku menunggang bis tercinta yang semakin terasa seperti rumah kedua. Boleh dibilang setiap harinya aku lebih lama berada di dalam bis raksasa ini. Perjalanan dari satu kota ke kota lain bisa memakan waktu lebih dari 4 jam.
Setelah selesai ‘jungkirbalik’ di depan Eifell, aku pun harus meninggalkan kota impian ini.

NEVERS

Jujur, aku juga baru pernah mendengar kota Nevers.. hihihi.. (ndeso yo..)
Ada apa sih di kota ini?
Setelah perjalanan beberapa jam (aku lupa persisnya berapa jam.. hehe..), tibalah di kota yang bisa kubilang lebih mirip komplek raksasa. Hanya kutemui mobil sesekali, orang pun sangat susah kulihat. Kotanya tampak tenang dan sepi. Bahkan bis raksasa yang membawaku terasa sangat sulit melewati jalanan di kota ini.

Tiba di Nevers, langsung menuju Biara St. Gildart. Biara tempat jenazah Santa Bernadette diletakkan.
Aku sendiri tak terlalu tahu mengenai sejarahnya. Tapi sepanjang jalan, si tour leader bercerita panjang lebar.. jadi tahu deh.. hehehe..
Masuk ke komplek biara, mulai terasa aura kudusnya.. Ada sebuah gua maria dan kapel kecil khas Eropa. Di depan kapel berdiri tegak patung St. Bernadette.

Masuk ke dalam kapel, suasana semakin amat kudus! Apalagi saat mataku menemukan peti kaca berisikan sosok cantik: St. Bernadette…
Takjub dan hanya bisa bengong…
Begitu cantik dan sempurna. Terlihat seperti sedang tertidur lelap dan begitu damai.
Sayang, tidak diizinkan untuk mengambil gambar jenazah St. Bernadette.
Di kapel ini, aku dan rombongan mengadakan perayaan Ekaristi untuk pertama kalinya selama perjalanan kami.
Ada rasa syukur yang luar biasa saat mengadakan misa sederhana di kapel mungil ini, di hadapan jenazah St. Bernadette pula.. Tak terkatakan!

Selesai misa, sore menjelang.. Saatnya masuk ‘kandang’.. hehehe..
Pernah mendengar Magny Cours?
Yup! Sebuah sirkuit balap mobil di Perancis…
Hotelku kali ini berada di komplek sirkuit tersebut. Yaa walaupun ga sempat melihat langsung bentuk sirkuitnya, lumayanlah bisa merasakan suasana sirkuit yang terkenal.. hahaha..

the big bus

gua maria di biara

patung St. Bernadette

the chapel

bekas makam St. Bernadette

kapel tempat Bernadette dimakamkan

St. Bernadette

mobil balap di parkiran hotel

beautiful sun flower

hotel, near Magny Cours

Comments

Popular Posts